Sabtu, 29 Desember 2012

Queen: Band "Rock Choir" Terbaik Sepanjang Masa


queen-resizedPecinta musik di seluruh dunia pasti tahu legenda rock asal Inggris, Queen. Band ini sangat me-legenda hingga saat ini bahkan tanpa sang vokalis, Freddie Mercury yang meninggal tahun 1992 akibat penyakit AIDS, pun mereka masih saja populer. Musik Queen dapat dinikmati oleh pecinta musik seluruh generasi karena musik mereka begitu hidup, berkembang, tidak monoton, dan terasa begitu universal. Musik mereka juga menggunakan nada-nada rumit ditambah campuran vokal dari Freddie Mercury yang menjadi lead vocaldan bisa merangkap jadi backing vocal, Brian May sang gitaris juga bisa menjadi backing vocal, juga sang drumer Roger Taylor. Hanya sang pembetot bass saja yang tidak/jarang ikut menyanyi.
Mendengar lagu-lagu mereka dari setiap album, mayoritas lagu mereka adalah lagu-lagu yang memiliki backing vocalsyang sangat menawan. Ketiganya menggabungkan suara menjadi suara 1 (Freddie Mercury), Roger Taylor (nada tertinggi), dan Brian May (nada terendah). Tidak percaya? Coba saja dengar lagu yang juga menjadi maha karya mereka, Bohemian Rhapsody, dari awal hingga akhir. Lagu yang tercipta sebagai hasil dari kejeniusan Freddie Mercury ini sering sekali dinobatkan sebagai lagu terbaik sepanjang masa. Lagu itu pada dasarnya beraliran rock dan yang spesial adalah bagian opera yang terdapat di tengah-tengah lagu tersebut. Ketika mendengar bagian awal lagu tersebut maka kita juga akan mendengar bagaimana perpaduan suara ketiga personil tersebut membentuk 'rock choir' yang sangat merdu dan sangat mengagumkan. Kecerdasan mereka memang luar biasa, di tengah musik-musik zaman mereka (era 70-an) dan era sebelum zaman mereka (50an-60an), pecinta musik di seluruh dunia lebih banyak mendengar lagu-lagu rock n roll danrock yang masih kasar, tapi Queen (yang saat itu masih merupakan band muda) bisa menyaingi musik tersebut di album pertama (Queen I) dan album kedua mereka (Queen II). Album awal Queen mengandung musik rock kasar yang terinspirasi dari Led Zeppelin dan The Who, juga sedikit pengaruh Jimi Hendrix. Tetapi paduan suara atau choir itu sendiri dari awal sudah mengisi mayoritas lagu mereka. Sekilas informasi, album Queen II menjadi album favorit musisi-musisi kelas dunia setelah mereka, yaitu vokalis Guns N Roses Axl Rose, dewa gitar Steve Vai, dan juga musisi Billy Corgan.
Album-album setelah Queen I dan Queen II lebih banyak diisi dengan musik-musik asli mereka yang lebih sering menggabungkan berbagai macam aliran dengan nada-nada yang susah dimainkan. Perpaduan musik yang diciptakan bukan saja rock (aliran asli musik mereka) tetapi juga musik rock n roll dan kadang bila lebih mendengarnya lebih dalam akan terdengar musik heavy metal yang dihasilkan oleh gitar Brian May. Tentu saja choir ada sebagai ciri khas mereka. Belum lagi suara tinggi dan keahlian Freddie Mercury dalam memainkan piano, harmonisasi musik dan vokal begitu setara dan sederajat dalam alunan lagu-lagu yang mereka ciptakan. Queen bisa dibilang sebagai revolusi musik zaman mereka karena sanggup mengubah pengaruh-pengaruh band pendahulu mereka yang lebih cenderung ke musik kasar dan kadang susah dicerna. Musik Queen memang berdasar dari itu semua tetapi mereka sanggup mengubahnya menjadi harmonis yang bisa dinikmati oleh semua penikmat musik. Sedikit banyak atau pun samar-samar musik Queen menyentuh beragam musik yang hingga kini populer bagi pecinta musik, dan choir mereka selalu mengisi bagian-bagian harmonisasi musik tersebut.
Lebih lengkapnya mengapa saya mengatakan bahwa Queen adalah band 'rock choir' terbaik sepanjang masa, Anda bisa mendengarkan lagu-lagu mereka seperti Bohemian Rhapsody, The March of the Black Queen, Jesus, You're My Best Friend, We Will Rock You, We are the Champions, Somebody to Love, The Millionaire Waltz, The Prophet's Song, Seaside Rendezvous, Bicycle Race, Innuendo, Don't Stop Me Now, Mustapha Ibrahim, Brighton Rock, Killer Queen, In the Lap of the Gods (revisited), Stone Cold Crazy, dan sebagainya. Intinya Queen punya keistimewaan dalam musikalitas terutama lagu-lagu yang diisi dengan keindahan harmonisasi vokal yaitu choir yang dipadukan dengan musik rock sebagai musik dasar mereka. Queen memang band 'rock choir' terbaik sepanjang masa.
Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar